Jumat, 23 Maret 2012

Tomcat Mulai Menyerang Bogor


BOGOR- Serangan serangga Tomcat terus meluas. Kali ini warga Bogor Jawa Barat mengaku mendapat serangan serangga jenis kumbang rove itu. Akibatnya kaki kanannya melepuh dan bernanah.

Amar, warga Kampung Cibeurem Kalong RT 1 RW 5 Desa Sukawening Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor Jawa Barat hanya bisa pasrah saat kaki kanannya menjadi gigitan serangga tomcat. Pria berusia 51 tahun ini mengaku kejadian tersebut terjadi tiga pekan lalu saat dirinya mencangkul di sawah.

Awalnya dia mengira gigitan tersebut berasal dari serangga biasa. Namun setelah melihat jenis serangga Tomcat di TV, dia baru sadar bahwa kaki kanannya digigit serangga Tomcat.

Sejumlah warga pun penasaran dengan keberadaan Tomcat di sawah, Kamis (22/3/2012). Mereka pun segera mencari serangga tersebut. Namun setelah mencari selama satu jam tidak satu pun serangga Tomcat ditemukan.

Sementara itu, pakar serangga Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Aunu Rauf menyatakan serangga tersebut memang mengeluarkan cairan Payderin yang menyebabkan kulit melepuh. Meski tidak membahayakan, bagi korban yang terkena untuk  racun tersebut bisa sembuh sendiri sekitar satu pekan.

Aunu menyarankan agar manusia tidak membunuh serangga tersebut, dan cukup meniup atau mengusir dengan menggunakan kertas.

Selain itu, Aunu menambahkan serangga yang berkembang biak di tempat lembab ini juga pernah menyerang warga di sejumlah negara seperti Malaysia, Jepang dan tentara Amerika yang tengah bertugas di Irak.
Reaksi:

2 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar