Rabu, 07 Maret 2012

10 peristiwa yang paling penting dan berpengaruh di dunia Internet

Inilah daftar 10 peristiwa dalam 10 tahun terakhir yang paling penting dan berpengaruh di dunia Internet:





1. Ekspansi Layanan Iklan Baris Gratis Craiglist.org (2000)
Pada tahun 2000, situs iklan baris gratis Craiglist memperluas jangkauan menjadi sembilan kota diluar San Fransisco. Layanan iklan baris gratis Craiglist menjadi momok tersendiri bagi koran dan surat kabar pada umumnya. Hari ini Craigslist melayani daftar iklan baris gratis lebih dari 500 kota di 50 negara termasuk Indonesia, semua iklan baris yang melintas seperti halnya iklan baris yang terdapat pada koran dan surat kabar pada umumnya; tentang lowongan pekerjaan, jual rumah, mobil, apartemen dan hal lainnya.

2. Peluncuran Google AdWords (2000)
Pada Oktober 2000 Google AdWords meluncurkan model iklan untuk semua bentuk bisnis tak peduli bisnis dalam skala besar, menengah atau justru bisnis kecil-kecil yang kita lakukan. Apapun bisnis Anda (besar-kecil) maka Google Adwords siap melayani. Selain itu dengan Google Adwords pengiklan dimungkinkan untuk memilih target marketnya sendiri.

3. Wikipedia Revolusi Ensiklopedia (2001)
Wikipedia sebagai ensiklopedia bersama, pada akhir tahun pertama memiliki  20 ribu artikel dalam 18 bahasa. Saat ini Wikipedia memiliki lebih dari 14 juta artikel dalam 271 bahasa yang berbeda. Wikipedia merupakan “free open source” untuk ensiklopedi dan siapa saja bisa berkolaborasi dalam proyek ensiklopedi Wikipedia.

4. Layanan Sharing file Napster ditutup (2001)
Meskipun layanan Napster ditutup pada tahun 2001, namun seperti menutup satu kran air dan terbuka puluhan, ratusan bahkan ribuan kran lainnya. Sehingga para pengguna internet bisa dengan mudah mendapatkan MP3 gratis, film dan lainnya yang jelas merugikan pihak industri musik dan perfilman.

5. Penawaran Saham Google terbuka untuk Umum (2004)
Tepatnya pada tanggal 19 Agustus 2004 Google membuka IPO dan menawarkan saham sebanyak 19.605.052 saham yang ditawarkan pada harga $ 85 per saham. Setelah Google IPO tersebut lahirlah inovasi-inovasi baru dari Google yang membuatnya semakin mengukuhkan “diri” sebagai raksasa di internet yang paling dominan dan berpengaruh. Dari gmail dan YouTube ke Google Earth, Google Maps, Google Android, raksasa internet yang senantiasa konstan dan selalu berinovasi dan manfaatnya dapat kita rasakan bersama.
6. Revolusi YouTube (2006)
Revolusi video online yang lahir di tahun 2006 ini membuat terobosan penting di dunia internet dengan bandwidth yang lebih cepat dan penggunaan Adobe Flash Player yang dikombinasikan YouTube meluncurkan revolusi video online.

7. Facebook dan Twitter go publik (2006)
Pada awalnya Facebook yang terlahir pada 4 Februari 2004 hanya untuk kalangan terbatas yakni para mahasiswa Harvard. Namun di tahun 2006 Facebook go publik dengan membuka pendaftaran bagi siapa saja yang berusia minimal 13 tahun ke atas dengan berbekal alamat email yang valid. Sejak saat itu Facebook menjadi media jejaring sosial yang paling diminati. Kurang dari sebulan kemudian pencipta Twitter memperoleh kepercayaan dengan mengucurnya dana dari para investor dan hal tersebut membuka jalan untuk kedua jejaring social itu lebih go publik dan mengubah cara kita berkomunikasi, berhubungan, berkolaborasi dengan semua orang, teman, rekan kerja, kostumer dan lainnya.

8. iPhone Revolusi Layanan Seluler (2007)
iPhone dirilis pada 29 Juni 2007. Hanya seminggu setelah peluncurannya setengah juta iPhone terjual di pasar! iPhone mengilhami pengembangan operating system seperti Google Android, dan juga aplikasi yang bermanfaat untuk setiap aspek kehidupan modern. Selama dekade berikutnya diperkirakan bahwa satu miliar pengguna baru akan datang ke Internet melalui perangkat mobile.

9. Kampanye Presiden AS Memanfaatkan Internet (2008)
Ternyata internet mampu mengubah haluan berpolitik seorang capres! Tahun 2008 merupakan tahunnya Barrack Obama yang berhasil memanfaat internet untuk berkampanye, memobilisasi pemilih, dan memecahkan rekor penggalangan dana melalui media social online.

10. Penggunaan Twitter dalam protes di Iran (2009)
Tahun 2009 Pemilu presiden di Iran menimbulkan kecurigaan pada rakyatnya, maka partai oposisi memanfaatkan jaringan Twitter untuk melakukan aksi protes terhadap hasil Pemilu. Hal ini dinyatakan sebagai “Twitter Revolution”. Bahkan para demonstran meminta Department Luar Negeri Amerika Serikat untuk meminta pihak Twitter menunda masa maintenance agar protes melalui tweet tersebut tidak terputus.

Demikianlah daftar 10 peristiwa dalam 10 tahun terakhir yang paling penting dan berpengaruh di dunia Internet.
Reaksi:

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar