Selasa, 31 Januari 2012

Dunia Maya

      Banyak orang mengartikan dunia maya atau jagat maya dengan internet ataupun sebaliknya. Tetapi menurut saya dunia maya dengan internet itu sesuatu yang berbeda.
Dunia Maya/Jagat Maya menurut Kamus Bahasa Indonesia Online
Jagat Maya = dunia khayal,
Maya = hanya tampaknya ada, tetapi nyatanya tidak ada; hanya ada di angan-angan; khayalan
Anda bisa melihatnya.
Maya Menurut Wikipedia
Maya berarti semu atau tidak nyata,
Berarti dunia maya adalah dunia yang tidak nyata, dunia khayalan. Apakah internet adalah dunia khayalan? Menurut saya tidak. Coba bayangkan anda sedang melakukan chatting dengan teman anda yang sudah anda kenal sebelumnya. Apakah lawan chatting anda (teman) adalah khayalan, tidak nyata? Lawan chatting anda itu ada dalam dunia nyata bukan.
Lalu banyak juga orang yang mengatakan bahwa Facebook, Twitter, atau situs jejaring sosial lainnya itu disebut dengan situs pergaulan dunia maya. Apakah teman-teman yang anda add di FB, anda follow di Twitter adalah teman yang cuma ada dikhayalan anda? Apakah mereka tidak ada di dunia nyata? Mereka ada bukan?


      Ketika anda melakukan telefon, sms, atau video call, apakah itu juga disebut dengan dunia maya?
Jika misalnya anda melakukan pembelian tiket pertandingan final piala AFF antara Indonesia melawan Malaysia melalui internet, uang yang digunakan untuk melakukan pembelian itu adalah uang beneran bukan? Dan anda juga mendapatkan tiket yang beneran bukannya tiket khayalan.
Satu lagi yang menegaskan bahwa internet adalah bukan dunia maya adalah, anda bisa melakukan bisnis dengan internet, anda bisa mendapatkan uang beneran dengan internet, anda bisa buka toko online, buka kursus online, dan atau jasa-jasa online lainnya.
Dunia maya menurut Google Translate
      Saya juga menerjemahkan Dunia Maya menggunakan Google Translate ke Bahasa Inggris, dan menurutnya Dunia Maya dalam bahasa Inggris adalah berarti Virtual World.
Virtual world menurut Wikipedia:
     A virtual world is a genre of online community that often takes the form of a computer-based simulated environment, through which users can interact with one another and use and create objects.]
Dunia Maya = Dunia Game

      Jadi menurut saya dunia maya lebih pantas disematkan pada dunia game, bukan dunia internet.
Ketika anda memainkan game The Sims contohnya, apakah anda berinteraksi dengan dunia nyata? Apakah anda dapat menyentuh objek yang ada dalam game tersebut? Tidak bukan?
Lalu, bagaimana dengan game online yang mana kita dapat berinteraksi dengan pemain lainnya yang mana pemain tersebut adalah manusia seperti kita. Sampai disini, internet adalah sebuah media komunikasi bukan dunia maya. Anda dapat berinteraksi dengan player lainnya dengan media internet, bukan berarti internet adalah dunia maya. Lebih tepatnya game lah yang merupakan dunia maya. Lingkungan yang tidak dapat kita sentuh.
Pengertian internet menurut Wikipedia adalah:
     Secara harfiah, internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking..
     Jadi tidak ada hubungannya antara internet dengan dunia maya.
Ketika kita berada di Facebook, sebenarnya kita terkoneksi dengan teman-teman dan orang-orang yang nyata (real people) dan dunia yang nyata pula, bukan dunia khayalan. Jangan anda bayangkan sedang berada di dunia khayalan. Inilah mengapa banyak kasus yang berhubungan denga FB seperti penculikan, penipuan, dll. Karena mereka mengira mereka berada didunia maya (dunia khayal) padahal mereka sedang berada dalam kenyataan dan dampak yang didapatkan juga nyata (real).

     Internet adalah media komunikasi dan dampaknya adalah nyata, tidak seperti dalam dunia game yang mana apa yang kita lakukan dalam game tersebut tidak akan berdampak pada kehidupan nyata kita.
Internet merupakan media komunikasi yang sangat ampuh, dalam sekejap kita dapat menginformasikan suatu berita atau apa saja ke seluruh dunia, dengan biaya yang sangat amat minim. Karena hal ini, internet sekarang banyak juga digunakan sebagai media kampanye para politikus, iklan, bisnis, dll. Dan mereka mendapatkan dampak yang nyata.
Jadi internet tidak sama dengan dunia maya, internet hanyalah media komunikasi seperti halnya telefon, sms, pos, koran, majalah, dsb.
Mohon maaf jika ada salah kata, karena saya hanya orang biasa bukan orang bahasa atau orang sastra, mohon koreksinya Pengertian Dunia Maya Menurut Versi Saya . Saya hanya menuliskan apa yang ada dalam benak saya. Bagaimana menurut anda?

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar