Selasa, 13 Maret 2012

Google Bookmarks |Cara Promosi Website Blog Pakai Google Bookmarks


Salah satu jenis layanan Social Media yang juga sangat diminati orang adalah layanan Social Bookmarking seperti Google Bookmarks. Melalui jenis layanan ini, setiap pengguna layanan dapat mencatat, menyimpan dan berbagi link halaman web yang mereka sukai. Berbeda dengan fitur Bookmarks atau Favorites pada web browser yang hanya bisa dinikmati anda pemilik browser, link yang tersimpan di layanan Social Bookmarking dapat dibagi ke seluruh pengguna, dikomentari dan diberi penilaian oleh pengguna lain, bahkan bisa ditemukan via search engine.
Bagi pemilik website atau blog, Social Bookmarking memberi beberapa manfaat diantaranya :
a. Media untuk mendapatkan external link (backlink).
b. Mempercepat indeks halaman baru di search engine.
c. Memperoleh pengunjung dan layanan Social Bookmarking.
Google sendiri menyediakan layanan Social Bookmarking yaitu Google Bookmarks.
1. Masuk ke situsnya http://www.google.com/bookmarks.
2. Klik Add bookmark pada menu Tools di side bar.
google bookmarks
3. Tulis judul halaman web, URL, label atau tag dan deskripsi singkatnya. Klik Add bookmark. Ulangi langkah ini untuk membookmark halaman unggulan anda lainnya. Klik menu Bookmark untuk melihat seluruh halaman web yang telah anda bookmark.
Sayangnya, tidak seperti layanan Social Bookmarking lainnya, Google Bookmarks secara default menetapkan status sharingnya anda sebagai Private atau tidak disajikan untuk umum. Agar daftar bookmark anda bisa diakses publik, anda harus membuat list terlebih dahulu. List ini nantinya mirip dengan kategorisasi bookmarks, sehingga anda dapat mengelompokkan beberapa halaman web yang telah dibookmark ke dalam kategori atau list tertentu sesuai dengan kelompoknya atau listnya. Cara membuat list (kategori bookmark) dan membuka sharing bookmark anda sebagai berikut :
1. Klik menu My list. Selanjutnya klik tombol Create new list.

2. Pada kotak Create new list, isikan nama list anda dan berikan keterangan singkatnya. Pastikan anda klik link Make Public. Klik tombol Create list.
create new list (2)

3. Anda akan melihat tampilan list anda yang masih kosong.
no stuffs (3)

4. Klik tulisan Back to home di pojok kanan untuk kembali ke halaman depan Bookmarks guna memilih item bookmark yang akan anda masukkan ke dalam list publik. Centang item-item bookmark atau halaman web yang telah anda bookmark untuk anda masukkan ke dalam list baru. Jika item anda terlalu banyak, anda bisa memfilter daftar list menggunakan link label di kolom kiri, selanjutnya centang item halaman web pilihan anda.

5. Klik dropdown menu Copy to list, lalu klik nama list anda.
copy to list (4)

6.  Jika berhasil, maka akan keluar tulisan Successfully added .
succesfful added (5)

7. Coba periksa kembali daftar list anda. Klik My lists, lalu pilih nama list. hasilnya bookmark yang anda pilih akan muncul di list publik yang telah anda buat sebelumnya.
daftar list bookmark (6)

8. Anda dapat mem-bookmarks beberapa halaman web dan membuat beberapa list (kategori) sehingga memudahkan pengguna dan anda sendiri.
9. Selesai.

0 komentar:



:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar